Selasa, 28 Mei 2013

Kerangka Kerja SMART Pemilu

Kerangka Acuan Kerja 
 SMART Pemenangan Pemilu Legislatif
(Syarief Aryfa'id)



Pemilu itu seperti perang dan juga seperti game atau permainan, dimana ia membutuhkan perangkat keras dan perangkat lunak (hard and soft sistem) sebagai modal untuk melakoni pertempuran tersebut. apalagi pemilu dengan sistem suara terbanyak, kawan bisa jadi lawan, dan lawan-pun bisa jadi kawan. arena pertempuran terlihat abu-abu bagi mereka yang belum memiliki roadmap (peta-jalan) yang jelas, serta terlihat jelas "musuh" nya bagi mereka yang memahami dan mengerti betul peta jalannya.

Dalam proses pemilu, menurut sebagian orang bahwa menjadi caleg itu susah, apalagi menjadi anggota legislatif. pernyataan ini tentu saja ada benarnya. akan tetapi pesan yang ingin disampaikan yaitu bahwa dalam proses kontestasi politik, aktor harus memiliki perencanaan yang matang dan konsisten. sehingga memudahkan bagi aktor politik tersebut (kandidat) untuk mempersiapkan semua kebutuhan untuk bertempur melawan " musuh yang tidak kelihatan".

Berikut beberapa tips untuk bertempur dalam pemilu.

"Anda Harus S.M.A.RT.   !!!!!!

S adalah singkatan dari ‘Specific'.
 Artinya,  bahwa anda sebagai kandidat legislator harus mampu menentukan sasaran yang jelas termasuk dari aspek "pribadi" juga harus jelas. dengan katalain bahwa selain memastikan tentang kejelasan sasaran dan tujuan, kandidat juga harus memiliki kepribadian perilaku politik yang jelas (ideologi politik). tujuanya adalah untuk mempermudah anda mengambil langkah-langkah praktis, sebab a sangat sulit bila tujuan Anda tidak jelas untuk mendesain langkah-langkah taktis dan praktis. Membaca  dan mencari tau banyak referensi bisa menjadi solusi alternatif untuk membantu Anda menentukan sasaran dan tujuan. 


M adalah singkatan dari 'Measurable'. 

Artinya,  sebagai politisi yang akan dan sedang terlibat dalam proses kontestasi, sasaran politik Anda harus terukur. Anda harus membuat ukuran  dari sasaran tersebut berupa, jumlah dukungan, jumlah followers, jumlah simpatisan, jumlah pendukung setia, jumlah pemilih, waktu, kualitas, uang, dan ukuran lainnya sesuai dengan kebutuhan. 

A adalah singkatan dari 'Aggressive'. 

Artinya, tujuan politik Anda cukup menantang dan ada perkembangan dalam kurun waktu tertentu. Misalnya, Anda melakukan mobilisasi dan sosialisasi mencari dukungan sebanyak 25 orang setiap hari. 

R adalah singkatan dari 'Realistics".


Artinya, sebagai kandidat legislator Anda memiliki waktu untuk  mencari dukungan 25  orang setiap hari. Bila Anda mempunyai kesibukan yang sangat banyak- mencari pendukung/pengikut/pemilih sebanyak 25 orang setiap hari mungkin tidak realistis. 


T adalah singkatan dari "Time-bound'. 


Artinya, tujuan politik  Anda akan dicapai dalam kurun waktu tertentu. Misalnya, Anda dapat menemui, mengkonsolidasi, mengajak sejumlah orang berdasarkan target bilangan pembagi pemilu di DAPIL anda.  dalam waktu 5 bulan. 

 
SMART  for Kontestation, bisa menjadi solusi akternatif bagi Anda yang serius bertempur di arena demokrasi.



Agar Anda lebih SMART, LSN secara profesional dapat membantu Anda
Berikut Rencana Kerjanya:

Tahap 1:
Caleg membuka komunikasi dengan pihak LSN

Tahap 2:
Caleg dan LSN menyepakati kerjasama, yang mencakup:

  • Pilihan paket kontrak kerjasama
  • Sistem Kerjasama (konsultasi jarak jauh atau pendampingan langsung)
  • besaran anggaran
Tahap 3:
setalah ada kesepakatan kerjasama, maka Caleg wajib mempersiapkan data-data sebagai berikut:
  • CV Caleg
  • Dokumen DPT
  • Dokumen TPS
  • Dokumen BPS
  • Dokumen Jumlah Caleg di Dapil
  • Dokumen RPJMD
  • Dokumen APBD
Tahap 4: 
Pekerjaan
  • LSN akan memulai pekerjaan menulis buku saku pinta bagi pemilih
  • LSN akan menulis buku saku pintar bagi caleg dan timses-nya
  • LSN akan memberikan ToT bagi caleg dan timsesnya (maksimal 10 orang)
  • LSN akan melakukan analisis sosial-politik, dan ekonomi untuk merumuskan peta politik dan demografi politik bagi caleg
  • LSN melakukan pekerjaan survey popularitas dan elektabilitas
Tahap 5:
Pemantaun dan evaluasi. LSN akan terus melakukan pekerjaan pemantauan dan evaluasi terhadap para caleg dan timsesya untuk memastikan bahwa semua tim bekerja berdasarkan peta jalan yang telah di susun


Syarief Aryfa'id

DIrektur Eksekutif LSN


Jika Anda berminat, anda dapat berkomunikasi dengan pihak LSN
pada nomor 081 328 3700 83


Poskan Komentar